Gunung-terindah-di-Indonesia
Wisata

Gunung Terindah di Indonesia

Sedang cari gunung terindah di Indonesia untuk jadwal pendakian bulan depan? Kamu berada di tempat yang tepat. Melalui artikel ini, kami akan berbagai 5 gunung terindah di Indonesia yang menyimpan pesona alam yang sangat memukau. Ada kawah gunung berapi yang menakjubkan. Pemandangan sunrise dan sunset yang cantik. Bahkan medan pendakian yang menyusuri hutan rimba yang masih asri. Mulai tertarik? Berikut ini 5 gunung terindah di Indonesia yang kami kutip dari situs napaktilas.net.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo atau juga dikenal dengan sebutan gunung “Brama” adalah gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.329 m. Lokasi gunung Bromo berada di Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Tapi, secara administratif, gunung Bromo berada di empat wilayah administratif Jawa Timur, yaitu: Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Menurut laporan dari BMKG, gunung Bromo termasuk dalam gunung berapi jenis cinder cone. Di mana, kawah gunung berapi Bromo berbentuk seperti kerucut yang curam dengan kawah gunung yang bulat atau silindris pada bagian tengahnya. Gunung Bromo terakhir kali meletus pada tahun 2016 .

Ada 3 alasan kenapa gunung Bromo menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia:

Pertama, gunung Bromo menawarkan pemandangan matahari terbit (mystical sunrise) yang indah. Jika tidak percaya, silakan lihat foto pemandangan matahari terbit di bawah ini:

Pemandangan sunrise gunung Bromo - gunung terindah di Indonesia
Pemandangan sunrise gunung Bromo dari puncak Penanjakan

Untuk dapat melihat pemandangan sunrise gunung Bromo, kamu perlu mendaki ke puncak Penanjakan. Biasanya para penikmat sunrise gunung Bromo akan mulai mendaki ke puncak Penanjakan pada 02.00 dini hari. Jika kamu tidak mau capek, kamu dapat menyewa mobil Jeep dengan paket perjalanan puncak Penanjakan dan kawah gunung Bromo. Dengan memakai mobil Jeep, kamu dapat berangkat pukul 04.00. Perjalanan menuju puncak Penanjakan akan lumayan ramai. Karena banyak wisatawan yang ingin melihat keindahan matahari terbit yang menyinari gunung Bromo.

Kedua, gunung Bromo menawarkan pemandangan kawah gunung berapi cinder cone yang menawan. Penasaran dengan kecantikan kawah gunung Bromo? Simak gambar di bawah ini:

Kawan cinder cone gunung berapi Bromo
Keindahan kawah cinder cone gunung Bromo

Memang sih, kawah gunung Bromo tidak berbentuk bulat lingkaran, lebih tepatnya menyerupai bentuk oval. Di mana, diameter dari utara ke selatan sekitar 800 meter sedangkan diameter dari timur ke barat sekitar 600 meter. Saat ini, gunung Bromo sedang dalam status aman, pengunjung boleh mendekati kawah Bromo. Kamu dapat mendaki sampai bibir kawah gunung Bromo, karena di sana sudah dibuatkan anak tangga dan pembatas dari beton. Jadi, pengunjung dapat aman mengeksplorasi keindahan kawah gunung Bromo.

Setelah turun dari puncak gunung Bromo, kamu juga dapat berfoto di lautan pasir gunung Bromo yang indah. Kamu juga bisa mengeksplorasi kawasan Bromo yang luas dengan menggunakan Jeep. Atau bisa juga kamu berkeliling kawasan wisata gunung Bromo dengan menaiki kuda. Asyik, ya!

Ketiga, pemandangan cantik di bukit Teletubbies. Bukit Teletubbies merupakan sebutan untuk tempat wisata di sebelah selatan gunung Bromo. Bukit Teletubies merupakan padang rumput dan perbukitan yang sangat luas dan hijau. Indah sekali pemandangan di sana.

bukit teletubbies Bromo
Keindahan bukit Teletubbies Bromo

Catatan: Waktu terbaik untuk berwisata ke gunung Bromo adalah bulan Mei-Oktober. Karena pada bulan tersebut, cuaca di gunung Bromo sangat indah dan cerah.

2. Gunung Ijen

Gunung terindah di Indonesia selanjutnya adalah gunung Ijen (2779 m). Gunung Ijen adalah gunung berapi tipe stratovolcano yang fenomenal. Di mana, saat malam hari, kawah gunung Ijen memancarkan api biru (blue fire). Fenomena alam ini sangat langka, lho. Di dunia hanya ada dua tempat untuk melihat blue fire.

  • Pertama, blue fire gunung Ijen (Indonesia).
  • Kedua, blue fire gunung Dallol (Ethiopia).

Penasaran dengan keindahan blue fire kawah Ijen? Perhatikan foto di bawah ini:

Keindahan api biru dari kawah ijen
Keindahan api biru dari kawah Ijen

Api biru di kawah Ijen tercipta karena pertemuan gas bumi dan oksigen pada suhu tertentu. Maka dari itu, ada waktu khusus di mana pendaki gunung dapat melihat nyala api biru dengan megah. Apabila kamu ingin melihat blue fire gunung Ijen, kami merekomendasikan untuk mendaki pada musim kemarau. Di mana, kabut yang ada di puncak gunung tidak tebal dan cuaca cerah. Untuk mendapatkan nyala api terbesar, pastikan kamu mencapai puncak pukul 02.00-04.00 dini hari.

Catatan: Suhu udara di sekitar kawah sangat mempengaruhi nyala api biru di kawah Ijen. Dan saat menjelang matahari terbit, perlahan nyala api biru akan menghilang.

Selain keindahan api biru di kawah Ijen, kamu juga dapat menikmati panorama danau cantik di gunung Ijen. Konon, danau Ijen adalah danau air asam terbesar di dunia dengan kedalaman mencapai 200 meter. Berikut foto cantik dari pesona danau air asam di kawah gunung Ijen:

Keindahan danau di puncak kawah Ijen
Keindahan danau di puncak kawah Ijen

Jika kamu mau bersabar, untuk menunggu sunrise, kamu bisa mendapatkan pemandangan terindah di puncak Ijen. Di mana, sinar kuning keemasan dari mentari pagi membuat kilau indah di danau Ijen yang super cantik ini.

Keindahan sunrise di puncak gunung Ijen
Keindahan sunrise di puncak gunung Ijen

Indah sekali, bukan? Tertarik untuk pergi ke gunung Ijen saat liburan mendatang? Yuk, ke kawah Ijen.

Catatan: Lokasi gunung Ijen berada di kawasan cagar alam taman wisata Ijen, Bondowoso-Banyuwangi, Jawa Timur.

3. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu adalah gunung terindah di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di mana, di atas gunung Kelimutu ada danau 3 warna yang keindahannya telah terdengar sampai seluruh penjuru dunia.

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang memiliki 3 kawah besar. Uniknya, setiap kawah tersebut memiliki warna-warna yang berbeda. Ada kawah yang berwarna merah, ada kawah yang berwarna biru dan ada kawah yang berwarna putih. Akan tetapi, ketiga warna tersebut bukan warna tetap, terkadang warna-warna di danau tersebut berubah sesuai kondisi lingkungan disekitarnya.

Ingin tahu seindah apa danau 3 warna di kawah gunung Kelimutu? Yuk, langsung lihat foto di bawah ini:

Keindahan danau 3 warna gunung Kelimutu
Keindahan danau 3 warna gunung Kelimutu

 Cantik ya? Dan tahukah kamu, sepanjang tahun, warna dari ketiga danau tersebut berubah-ubah sesuai aktivitas vulkanik gunung Kelimutu. Misalnya, ada peningkatan kadar belerang atau kadar besi di dalam air. Dengan peningkatan kadar mineral di dalam danau, warna danau akan berubah.

Contoh perubahannya seperti ini:

  • Danau Atapolo: Air di danau Atapolo berubah dari warna hijau kebiruan menjadi hijau tua. Kadang dari hijau tua berubah menjadi hijau kecokelatan, lalu berubah ke cokelat muda dan berakhir menjadi cokelat kemerahan seperti hati ayam.
  • Danau Ata Mbupu: Air di danau Ata Mbupu berubah dari hijau kebiruan menjadi putih pekat.
  • Danau Nuwamuri Ko’o Fa: Air di dalam danau Nuwamuri Ko’o Fa berubah dari hijau muda menjadi hijau kebiruan dan berakhir menjadi hijau tosca tua.

Biar kamu lebih paham perubahan yang terjadi pada danau 3 warna di gunung Kelimutu, silakan lihat gambar di bawah ini:

Keindahan perubahan warna dari danau 3 warna gunung Kelimutu
Keindahan perubahan warna dari danau 3 warna gunung Kelimutu

Indah sekali, bukan? Dan enaknya lagi, kamu dapat mencapai puncak gunung Kelimutu dengan medan yang tidak begitu sulit. Karena dari pihak pengelola wisata, sudah membuat jalan tangga menuju puncak gunung Kelimutu.

Catatan: Lokasi gunung Kelimutu berada di Pemo, Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Ketinggian gunung Kelimutu adalah 1.639m. Dan menurut catatan BMKG, letusan terakhir gunung Kelimutu terjadi pada tahun 1.886.

4. Gunung Rinjani

Gunung terindah di Indonesia berikutnya adalah gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.726m. Gunung Rinjani memiliki pesona alam yang menakjubkan di setiap medan pendakiannya. Mulai dari jalur hutan lebat, padang sabana, danau Sagara Anak, hingga puncak gunung Rinjani yang indah. Saking indahnya pesona alam di sana, banyak pendaki menyebut gunung Rinjani sebagai gunung bintang 5. Jadi, nggak hanya hotel ya yang punya grade bintang 5. Hehe.

Dan berkat keelokannya, gunung Rinjani menjadi salah satu taman nasional di Indonesia yang memiliki turis terbanyak sepanjang tahun. Keren, ya?

Mulai penasaran? Nih, kami kasih salah satu keindahan yang ada di gunung Rinjani. Lihat baik-baik ya!

Keindahan gunung anak Rinjani Barujari di area sagara anak
Keindahan gunung anak Rinjani Barujari di area sagara anak

Ini adalah keindahan dari gunung anak Rinjani yaitu gunung Barujari. Anak gunung berapi yang dikelilingi danau sagara anak yang mempesona. Cantik ya?

Gunung Barujari adalah gunung kecil yang berada di tengah segara anak di danau Rinjani. Kalau kamu punya waktu lama, kamu dapat melihat sunrise dan sunset yang indah banget di area ini. Pokoknya, muantep poll pemandangannya.

Jika kamu melanjutkan perjalananmu dari pelawangan Sembalun menuju puncak. Kamu akan mendaki jalur pendakian terjal dan berpasir. Dan sampai akhirnya, kamu mencapai puncak sejati gunung Rinjani di ketinggian 3.726m. Pemandangan dari Puncak Rinjani tidak kalah cantik, lho! Nih, lihat foto di bawah ini:

Pemandangan dari puncak Rinjani
Pemandangan dari puncak Rinjani

Menurut cerita masyarakat di sekitar gunung Rinjani, dulu gunung Rinjani itu memiliki ketinggian sekitar 4.200 m. Pada masa itu, gunung Rinjani lebih dikenal dengan nama gunung Samalas. Akan tetapi, pada tahun 1.257 terjadi erupsi besar di gunung Samalas. Menurut data artefak erupsi gunung berapi di dunia, erupsi gunung Samalas adalah erupsi gunung berapi terbesar di dunia dalam kurun waktu 7.000 tahun terakhir. Akibat erupsi besar tersebut, gunung Samalas kehilangan puncak dan kubahnya sehingga ketinggiannya berkurang dari 4.200 m menjadi 3.276 m.

Sisa-sisa erupsi gunung Samalas inilah yang membuat lekuk-lekuk indah di bentang alam gunung Rinjani. Termasuk terciptanya Sagara Anak. Konon, kecantikan gunung Rinjani ini dijaga oleh dewi yang sangat cantik dan rupawan, yaitu Dewi Rinjani. Dengan adanya mitos tersebut, akhirnya gunung Samalas berubah nama menjadi gunung Rinjani.

Menarik ya, cerita sejarah dari gunung Rinjani? Sempetin deh, sekali seumur hidup buat melihat pesona gunung Rinjani. Sayang, lho, belum mengunjungi surga alam Indonesia yang satu ini. Hehe.

Catatan: Gunung Rinjani berada di pulau Lombok bagian utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk mendaki gunung Rinjani, kamu bisa melalui jalur pendakian gunung Rinjani via Sembalu atau via Senaru. Jika ingin pengalaman pendakianmu nyaman dan aman dari gangguan monyet di pelawangan, kamu bisa menyewa porter. Porter akan membantu membawa barang bawaan dan menjaga tenda saat kamu summit attact.

5. Gunung Semeru

Gunung terindah di Indonesia yang terakhir adalah gunung Semeru. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Di mana, gunung Semeru memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 3.676m. Keindahan gunung Semeru bahkan sampai diabadikan menjadi lagu oleh Ahmad Dhani (Dewa). Judul lagunya adalah “Mahameru”.

Dan karena lagu tersebut sangat menakjubkan. Akhirnya, ketiga anak Ahmad Dhani (Al, El & Dul) juga terinspirasi untuk muncak ke gunung Semeru. Wow, seru ya, muncak ke Semeru sekeluarga. Hehe.

Bukan hanya sampai di situ, bahkan gunung Semeru juga diabadikan dalam pembuatan film 5cm. Film pendakian gunung yang sangat popular dimasanya. Di mana ada kisah cinta & persahabatan yang terjalin erat dalam perjalanan ekspedisi ke puncak Semeru. Konon sendiri deh, kalau lagi luang. Hehe.

Okay, lalu apa sih yang indah dari gunung Semeru? Ada danau Ranu Pane, danau Ranu Kumbolo, Taman bunga Verbena ungu (Oro-Oro Ombo), dan yang terakhir adalah puncak Mahameru.

Penasaran seperti apa keindahan dari tempat-tempat tersebut? Yuk, lihat langsung foto-foto keindahan dari gunung Semeru di bawah ini:

Keindahan danau di atas gunung Ranu Kumbolo
Keindahan danau di atas gunung Ranu Kumbolo
Pemandangan di Oro-Oro Ombo gunung Semeru
Pemandangan di Oro-Oro Ombo gunung Semeru
Puncak Mahameru gunung Semeru

Catatan: Gunung Semeru terletak di kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru termasuk dalam gunung api jenis stratovolcano yang aktif. Di mana, sejak tahun 1.967-2021, gunung Semeru terus menerus meletus. Untuk dapat mencapai puncak gunung Semeru kamu perlu mendaki melalui jalur pendakian gunung Semeru via Ranu Pane. Estimasi pendakian sekitar 3-4 hari.

Indonesia menyimpan banyak surga alam yang sangat cantik dan mempesona. Jika kamu punya waktu libur, yuk, eksplorasi 5 gunung terindah di Indonesia di atas. Kelak, kamu dapat menceritakan pengalamanmu kepada anak cucumu dengan penuh kebanggaan. Akhir kata, kamu punya rekomendasi gunung terindah di Indonesia lainnya? Beri tahu kami dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *