Kapan-Anak-Kucing-Bisa-Makan-Wet-food-dan-Dry-food
Umum

Kapan Anak Kucing Bisa Makan Wet food dan Dry food?

Jika kita membahas topik cara merawat anak kucing, ada satu bahasan yang selalu ditanyakan oleh pemilik kucing pemula. Ya, benar. “Kapan anak kucing bisa makan makanan basah dan makanan kering kucing?”. Jawabannya sebenarnya mudah, yaitu saat kucing sudah bisa makan sendiri dan sudah mempunyai gigi susu yang lengkap. Tapi, pasti kamu kurang puas dengan jawaban tersebut. Okay, kami jawab singkat dulu, setelahnya, kami bahas detailnya di pembahasan.

Waktu yang tepat untuk kucing makan makanan basah adalah saat anak kucing berusia 6-8 minggu. Dan waktu yang tepat untuk anak kucing makan makanan basah adalah saat anak kucing berusia 10 minggu. Rekomendasi ini kami sesuaikan dengan perkembangan sistem pencernaan kucing dan pertumbuhan gigi kucing.  Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini sampai selesai.

Waktu yang Tepat untuk Memberi Makan Anak Kucing Makanan Basah

Anak kucing yang berumur 6-8 minggu sudah mulai disapih induk kucing. Jadi, induk kucing sudah mulai menyuruh anaknya mulai makan dari sumber makanan selain air susu kucing. Nah, pada tahap inilah waktu yang tepat mengenalkan makanan basah ke anak kucing.

Ada dua penyebab kenapa induk kucing menyapih anaknya:

  • Pertama, produksi air susu kucing mulai menipis.
  • Kedua, gigi anak kucing mulai tumbuh, jadi, induk kucing mulai merasa kesakitan saat anak-anaknya menyusu.

Karena dua kondisi tersebut, secara naluri induk kucing akan mulai mencarikan makan untuk anaknya. Hal yang pertama induk kucing lakukan adalah memberikan makanan yang sering dia makan kepada anak kucing. Nanti, anak kucing akan secara naluri mengikuti cara induknya makan dan memakan apa yang induknya makan.

Dengan mengikuti pola tersebut, kamu bisa mulai memberikan makanan basah saat anak kucing berumur 6-8 minggu. Coba dulu berikan banyak makanan basah kepada induk kucing. Biarkan anak kucing melihat induknya makan. Setelah anak kucing mau mencoba dan mencicipi makanan basah, baru kamu berikan mangkok makan sendiri.

Catatan: Beberapa jenis makanan basah kucing yang bisa kamu coba: Whiskas Kitten Kemasan Pouch 85 g, Royal Canin Kitten Sachet 85 g.

Sampai di sini paham ya? Okay, lanjut.

Waktu yang Tepat untuk Memberi Makan Anak Kucing Makanan Kering

Setelah anak kucing berumur 8 minggu (2 bulan), anak kucing mulai disapih induknya. Dan mereka sudah tidak mendapatkan jatah menyusu lagi. Pada tahap ini, kamu harus mulai menyediakan makanan basah kepada anak kucing secara teratur. Pagi, siang dan malam. Pastikan jumlah makanan anak kucing sesuai berat badannya.

Beberapa pemilik kucing kadang juga melepas adopsi pada anak kucing yang sudah berumur 2 bulan untuk mengurangi tanggungan. Dan rata-rata anak kucing yang lepas adopsi sudah bisa makan makanan basah sendiri.

Lalu, apa hal selanjutnya yang perlu saya lakukan?

Kamu perlu mengenalkan kucing makanan kering. Waktu yang tepat untuk memberi makan anak kucing makanan kering adalah saat anak kucing berusia 10 minggu. Ada 5 alasan kenapa kamu harus menunggu anak kucing sampai berumur 10 minggu?

  • Pertama, pada umur 10 minggu gigi susu kucing sudah mulai tumbuh secara lengkap. Artinya, kucing sudah mulai bisa mengunyah makanan yang keras.
  • Kedua, sistem pencernaan anak kucing sudah berkembang secara sempurna. Saat anak kucing berumur 8 minggu, sistem pencernaan anak kucing telah berkembang pesat. Anak kucing mulai bisa mencerna berbagai jenis makanan kucing, seperti Raw food, makanan basah, pate, snack kucing hingga makanan kering kucing. Dan anak kucing sudah bisa pup secara mendiri dengan lancar.
  • Ketiga, kebutuhan makan kucing meningkat. Artinya, kamu tidak akan cukup hanya memberi makan anak kucing makanan basah. Kamu perlu memberikan sumber nutrisi lain yang bisa membuat anak kucing awet kenyang.

Dari alasan tersebut, maka kami merekomendasikan untuk memberikan makanan kering saat anak kucing berumur 10 minggu. Awalnya anak kucing tidak doyan makanan kering, kamu substitusi saja secara perlahan. Nanti juga doyan sendiri.

Catatan: Makanan kering untuk anak kucing yang bisa kamu coba di antaranya: Whiskas Kitten, Royal Canin Kitten, Me-O Kitten.

Peralihan dari Makanan Basah ke Makanan Kering Kucing

Beberapa pemilik kucing kadang bingung kenapa anak kucing mereka tidak mau makan makanan kering kucing. Padahal dia sudah membelikan makanan kering khusus untuk anak kucing? Kok bisa begitu?

Hal ini karena anak kucing masih pilih-pilih makanan. Solusinya, kamu perlu mengenalkan makanan kering secara perlahan. Jadi, anak kucing butuh waktu untuk beralih dari makanan basah ke makanan kering.

Melansir dari goldenmaz.net dalam artikel cara merawat anak kucing umur 2 bulan, pemilik kucing perlu melakukan 3 tahap peralihan.

Tahap pertama, membuat adonan makanan basah yang lebih kental dan lebih kering dari pada biasanya. Kamu bisa menumbuk makanan kering kucing dan mencampurkan ke makanan basah agar lebih kental dan agak kering.

Tahap kedua, mulai mencampur makanan basah kucing (WF) dan makanan kering kucing (DF) sedikit demi sedikit. Berikut perbandingan makanan basah dan makanan kering kucing dalam masa peralihan:

  1. WF 90 : DF 10.
  2. WF 80 : DF 20.
  3. WF 70 : DF 30.
  4. WF 60 : DF 40.
  5. WF 50 : DF 50.
  6. WF 40 : DF 60.
  7. WF 30 : DF 70.
  8. WF 20 : DF 80.
  9. WF 10 : DF 90.
  10. Full makanan kering kucing.

Setelah anak kucing berumur 10 minggu, mulailah melakukan pengenalan makanan kering kucing. Mulai dulu dengan memberikan campuran 10% makan kering. Nanti, kalau ganti hari, tingkatkan lagi. Begitu seterusnya sampai 10 hari ke depan. Niscaya, dalam 10 hari, anak kucing sudah mau makan makanan kering secara penuh.

Tahap ketiga, mulai berikan makanan kering secara penuh di siang hari. Jadi, pagi hari makanan basah. Siang harinya full makanan kering kucing. Jika kamu mengikuti proses peralihan makanan kucing secara disiplin, anak kucing akan mulai doyan makan makanan kering kucing.

Jika anak kucing sudah doyan makanan kering, sediakan minuman di samping mangkuk makan kucing. Karena terlalu banyak makan makanan kering, kucing akan mudah mengalami dehidrasi.

Terakhir, biarpun anak kucing sudah bisa makan makanan basah dan makanan kering, jangan terlena dengan satu jenis makanan. Kamu harus melakukan variasi makanan agar nafsu makan kucing tetap terjaga. Karena kalau kamu kasih makanan kering terus menerus, kucing akan bosan makan. Dengan begitu, kucing akan kurus dan mudah sakit.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *