Manfaat-Nonton-Anime
Anime

Bukan Hiburan Semata! Nonton Anime Memberi Banyak Manfaat

Banyak anime-anime berkualitas yang berbobot, baik dalam hal cerita, alur atau karakter penokohannya. Jadi, anime bukan hanya hiburan semata. Namun, tahukah Anda apa sih sebenarnya anime itu?

Nonton anime Jepang adalah salah satu aktivitas yang paling disukai oleh generasi muda saat ini. Aktivitas ini sangat menghibur dan menyenangkan. Namun selain itu, kegiatan ini juga bisa bermanfaat seperti menjadi sumber inspirasi dan tempat mencari ide segar.

Apa bedanya dengan film kartun? Yuk simak informasi berikut ini.

Beda Nonton Anime dan Film Kartun

Hampir semua anak muda jaman sekarang tidak asing lagi dengan istilah anime. Tidak sedikit dari mereka yang menggandrungi ragam hiburan ini dan rela bersabar menanti kelanjutan setiap episodenya.

Anime pada dasarnya adalah sebuah cerita animasi yang digambar secara manual dengan tangan ataupun dengan menggunakan teknologi komputer. Kata anime sendiri berasal dari kata Animation yaitu kumpulan gambar bergerak.

Sebenarnya, tidak banyak perbedaan yang terlalu mendasar antara nonton anime ataupun film kartun. Jika dilihat dari cara pembuatannya, keduanya sama-sama menggunakan teknik dasar gambar. Baik anime ataupun kartun dibuat dengan cara digambar.

Namun, anime dan kartun memiliki banyak perbedaan dalam segi penokohan. Kartun umumnya digambarkan dalam tokoh tertentu, contohnya seperti hewan. Sedangkan anime memiliki penokohan yang lebih luas dan biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia.

Dalam segi cerita, kartun biasanya hanya ditujukan untuk anak-anak saja. Ceritanya ringan, sederhana, mudah dicerna namun tetap berbobot dan memiliki pesan moral. Sedangkan anime mengandung alur yang lebih berat, konflik lebih tajam dan membutuhkan pemikiran mendalam.

Anime lebih dikenal sebagai produk hiburan negara Jepang. Hal ini dikarenakan anime yang dihasilkan oleh negara ini sangat populer dan hampir diminati di seluruh dunia. Bahkan, kata anime sendiripun lebih banyak mewakili dan dilabeli oleh negara Sakura ini.

Di luar Jepang, produk hiburan semacam ini disebut dengan film animasi atau animation. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ketika Anda mengatakan sedang nonton anime, itu artinya Anda menonton film atau serial animasi yang berasal dari Jepang.

Disamping itu, film kartun bersifat lebih global dan bisa datang dari mana saja. Amerika, Jerman, Indonesia, dan bahkan Jepang sendiri pun memiliki versi film kartunnya sendiri. Jadi, sampai disini apakah Anda sudah memahami bedanya kartun dan anime?

Nonton Anime, Hiburan Bermanfaat di Kala Senggang

Bagi orang yang belum mengerti, nonton anime akan diidentikkan sebagai hal yang kekanak-kanakan. Ini adalah sesuatu yang wajar karena anime memang nampak sangat mirip dengan film kartun. Secara visual, bisa dikatakan hampir tidak ada bedanya.

Seperti disebutkan sebelumnya, menikmati ragam hiburan ini bukan hanya tentang mencari kesenangan saja. Tapi, ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan menonton atau mengikuti beberapa serial anime Jepang. Ada manfaat yang bisa Anda dapatkan disini.

Anime jepang sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Dari keunikan inilah, timbul rasa penasaran pada setiap episode anime yang ditayangkan. Cerita, alur, hingga emosi penokohannya menjadi daya tarik untuk terus menunggu kisah selanjutnya.

Contoh anime Jepang yang cukup populer adalah Samurai X Roruoni Kenshin. Anime yang satu ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang samurai di awal periode meiji Jepang. Roruoni Kenshin adalah seorang pembunuh bayaran yang insyaf dan menjadi seorang pengembara.

Jika dilihat dari ringkasan ceritanya, cerita Samurai X memang seperti cerita biasa saja. Namun saat Anda mendalami dan terus mengikuti kisah anime ini, Anda akan seperti terhanyut dalam cerita hidup Roruoni Kenshin.

Dari anime ini, Anda tak hanya mengisi waktu luang saja. Anda juga bisa belajar mengenai Jepang di masa lampau. Mengetahui bahwa tokoh samurai itu memang pernah benar-benar ada, mengetahui bagaimana menakutkannya Jepang di jaman dahulu dan lain sebagainya.

Jadi, tidak ada salahnya sama sekali jika Anda ingin nonton anime sebagai pengisi waktu senggang. Aktivitas ini lebih baik ketimbang Anda menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat atau mengganggu orang lain.

Dimana saja Bisa Nonton Anime?

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menghabiskan waktu dengan nonton anime, pastikan tidak salah memilih tempat. Tidak semua situs di internet menjadi sumber terpercaya untuk menonton seri animasi dari Jepang ini.

Beberapa situs ilegal yang menyediakan link bagi Anda untuk menikmati anime, namun tidak sedikit yang menyusupinya dengan virus atau malware. Tanpa disadari, ponsel Anda akan disusupi oleh software jahat yang merusak atau membajak data pribadi.

Selain itu, menonton anime dari situs ilegal sama halnya tidak menghargai penciptanya. Para penciptanya tidak akan mendapatkan imbalan untuk kerja keras mereka. Bisa jadi, serial anime tidak akan dilanjutkan atau dihentikan karena banyaknya pembajakan.

Banyak situs nonton anime resmi yang bisa Anda ikuti. Contohnya seperti Netflix, Genflix, Hulu atau Crunchyroll. Situs-situs ini menyediakan banyak pilihan anime yang bisa Anda nikmati setiap waktu.

Menonton anime di situs-situs resmi atau legal memang harus berbayar, namun Anda tidak akan merasa khawatir karena situs ini sepenuhnya aman. Biayanya pun tidak terlalu mahal dan biasanya bisa diakses selama jangka waktu yang panjang.

Salah satu kelebihan lain menggunakan situs legal adalah ketersediaan subtitle. Situs resmi menyediakan pilihan beberapa bahasa. Anda bisa memilih menggunakan subtitle bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Itulah sedikit informasi tentang anime yang bisa Anda pelajari. Ragam hiburan ini tidak hanya untuk kesenangan anak-anak remaja saja, orang dewasa pun bisa menikmatinya. Jika Anda penasaran, coba saja nonton anime di salah satu situs resminya. Dijamin bakal ketagihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *