Manisan-Carica-Khas-Wonosobo-yang-Segar-dan-Memiliki-Banyak-Manfaat
Umum

Manisan Carica Khas Wonosobo yang Segar dan Memiliki Banyak Manfaat

Manisan carica lebih identik dengan keberadaannya yang ada di dataran tinggi Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebab sentra produksi buah ini hanya berada di wilayah tersebut.

Hal ini mengingat pohon carica yang hanya bisa tumbuh di kawasan dataran tinggi saja dengan suhu lebih dingin. Buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai olahan kuliner misalnya seperti manisan.

Manisan Carica Khas dari Wonosobo dengan Rasa Segar

Manisan khas Wonosobo ini merupakan salah satu produk unggulan yang memiliki rasa begitu segar. Ketika anda datang ke Wonosobo melalui jalur Timur, anda akan menemukan purwaceng dan ikon patung buah carica.

Banyak sekali berbagai macam merk manisan dari buah yang satu ini di kota Wonosobo bahkan hingga ratusan. Selain itu cara pembuatan manisan dari buah ini juga begitu mudah.

Sehingga saat ini sudah mulai muncul pabrik-pabrik yang memproduksi manisan buah tersebut. Akan tetapi banyak pula para produsen yang kurang memperhatikan akan keamanan dan kualitas pangan dalam proses produksi manisan carica.

Jadi ada sebagian dari mereka yang justru memproduksi carica dengan rasa yang berbeda bahkan kurang menarik. Oleh karena itu, pemerintah Wonosobo akhirnya membentuk Asosiasi Pengusaha Carica.

Ini bertujuan sebagai menciptakan produsen agar mampu menghasilkan produk yang lebih aman dan berkualitas baik. Saat dikonsumsi oleh manusia juga tentunya jauh lebih aman.

Produk rimadona Wonosobo

Manisan Carica yang bisa dipesan melalui online adalah Carica Sumbing Segar dan bisa anda beli secara langsung dari kota Wonosobo. Daripada anda penasaran dengan rasanya sebaiknya langsung saja datang ke sana atau mungkin membeli di toko-toko yang menjual manisan tersebut.

Manisan ini di olah dari buah carica yang kemudian dikupas sampai bersih dan di potong-potong terakhir dimasukkan ke dalam sirup. Sehingga akan menghasilkan manisan yang begitu nikmat dan tidak bisa anda temukan di tempat lainnya.

Pasalnya buah ini hanya bisa tumbuh saja di kawasan dataran tinggi terutama Dieng. Bahkan tidak bisa tumbuh di tempat lain, karena pernah ada yang melakukan uji coba menanamnya dan akhirnya bukan carica yang tumbuh, melainkan pepaya biasa.

Memang pohon carica ini hampir sama seperti pohon pepaya, hanya saja buahnya jauh lebih kecil. Jika anda berkunjung ke Wonosobo pastinya akan banyak melihat tumbuhan ini di halaman, pekarangan dan lain sebagainya.

Cara Pembuatan

Cara membuat manisan carica ini pertama buahnya dikupas dahulu lalu di belah. Selanjutnya akan dipisahkan antara biji yang berlendir dan dagingnya.

Tahap selanjutnya adalah biji buah akan direbus menggunakan campuran air juga gula pasir supaya memiliki rasa manis. Setelah matang maka akan disaring.

Untuk bagian daging buahnya akan dipotong-potong lalu dicuci sampai bersih supaya getahnya bisa hilang. Daging tersebut kemudian dicampur dengan menggunakan sirup manisan dan dipanaskan sebentar agar bisa meresap ke dalam daging.

Tujuannya agar dagingnya juga lebih terasa empuk. Lalu manisan tersebut akan dimasukkan ke dalam kemasan yang kemudian bisa dijual atau dikonsumsi langsung.

Memiliki Manfaat

Olahan dari buah carica ini memiliki banyak manfaat yang bisa anda rasakan khasiatnya. Misalnya saja seperti bisa melancarkan dalam proses pencernaan seseorang dan cocok untuk anda yang susah BAB.

Selain itu manisan carica ini juga memiliki kandungan enzim papain dalam buahnya yang bisa membantu dalam menetralkan pH. Bahkan, dapat membunuh bakteri jahat yang berada di dalam usus kita.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *