Umum

Tulisan Arab Alhamdulillah

Sebagai seorang Muslim, kita dianjurkan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah,  bagaimanapun kondisinya. Dan salah satu wujud syukur adalah dengan melafadzkan, yakni alhamdulillah.

Nah, kalau hanya mengucapkan Alhamdulillah, saya rasa semua orang biasa. Dan ini berbeda halnya dengan menulisnya.

Masih banyak orang yang belum tahu seperti apa tulisan arab Alhamdulillah. Kamu tahu nggak?  Kalau belum tahu, kamu bisa ikuti artikelnya sampai selesai ya.

Tulisan Arab Alhamdulillah

Tulisan arab Alhamdulillah terbilang sangat sederhana ya. Karena hanya terdiri dari dua kata doing. Yaitu alhamdu dan lillah. Atau اَلْحَمْدُ dan لِلَّهِ. Yang jika digabungkan maka akan menjadi اَلْحَمْدُ لِلَّهِ.

Arti dari Alhamdulillah adalah segala puji hanya milik Allah.

Jika ingin melafadzkan atau menuliskannya secara lengkap, maka kamu bisa menuliskan alhamdulillahi rabbil ‘aalamin. Atau اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْ yang artinya, segala puji hanya milik Allah, Tuhan sekalian alam.

Jika kita benar-benar memahami makna dari Alhamdulillah ini, maka kita akan lebih mudah untuk bersyukur. Di dalam bukunya Dr. Amir Faishal Fath, beliau menyatakan, bahwa kata al di dalam bahasa Arab merupakan sebuah bentuk definitive, yakni segala puji hanya bagi Allah.

Sementara pemakaian alhamdu dikarenakan hanya Allah saja yang berhak untuk dipuji. Karena Dia adalah zat yang Mahatinggi dengan segala ketetapan Nya, meski tanpa dipuji oleh siapapun. Maka, dipuji atau tidak, Allah akan tetap tinggi.

Dan jika kita tidak memujinya, maka sama sekali tidak mengurangi ke Maha Tinggiannya. Hal ini tentu sangat berbeda dengan manusia, yang pada dasarnya memang suka dipuji alias senang dipuji. Di mana, ketika dipuji ia akan merasa tersanjung yang terangkat, sementara ketika dihinakan akan merasa direndahkan. Ia kan? Ini adalah sifat dasar manusia.

Sementara Allah tidaklah demikian. Ada atau tidak hamba yang mengagungkannya, ada tidak hamba yang merendahkannya sama sekali tidak akan mengubah apapun. Karena kuasa Nya akan tetap sama, tidak akan pernah berubah.

Sehingga, ungkapapan Alhamdulillah yang berasal dari lisan kita akan menjadi sebuah pertanda, bahwa kita ini nggak ada apa-apanya loh, kita ini bukan siapa-siapa. Jelas ya? karena semua atau segala hal yang kita miliki, kita dapatkan, dan kita nikmati saat ini merupakan bentuk kasih sayang Nya, merupakan kenikmatan yang sudah Allah titipkan, hingga akhirnya kita akan menghadap Nya.

Keutamaan Membaca Alhamdulillah

Apa saja sih keutamaan membaca Alhamdulillah? tentu ada segudang keutamaan yang akan kamu dapatkan dengan mengucapkan Alhamdulillah ini ya. Nah, di antara banyaknya keutamaan membaca Alhamdulillah, kali ini kita bahasnya satu saja ya.

Keutamaan yang pertama ialah mendapatkan 30 kebaikan dan akan dihapuskan 30 kesalahan. Mana dalilnya? Dalilnya ada pada hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad. Yang berbunyi:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ اصْطَفَى مِنْ الْكَلَامِ أَرْبَعًا سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ قَالَ

وَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ بِهَا عِشْرُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ عِشْرُونَ سَيِّئَةً وَمَنْ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ

فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ مِنْ قِبَلِ نَفْسِهِ كُتِبَ لَهُ

بِهَا ثَلَاثُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا ثَلَاثُونَ سَيِّئَةً

Artinya:

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla sudah memilihkan 4 perkataan, yakni subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar.

Barangsiapa yang mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan baginya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan.

Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan baginya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan baginya seperti itu pula.

Demikian tulisan arab Alhamdulillah yang bisa kamu pelajari.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *